Fungsi Lattice Boom Crawler Crane

Lattice Boom Crawler Crane adalah alat berat yang umumnya dipakai untuk mengangkat, memindahkan material dari tempat asal ketempat lain dengan tambahan pelengkap. Alat ini juga dapat dipergunakan untuk erection jembatan prestress, komponen panel-panel beton prestress, dan juga digunakan dalam pekerjaan pondasi untuk memancang tiang pancang, bore pile, pemasangan instalasi pipa (pipe layer), menggali serta memuat (clampshell dan dragline). Konstruksi alat ini umumnya bagian atas terdiri dari alat yang dapat berputar 360 derajat seperti excavator, dengan jangkauan yang lebih jauh.

Fungsi Lattice Boom Crawler Crane

Fungsi Lattice Boom Crawler Crane

Metode pengangkatan menggunakan Lattice Boom Crawler Crane harus selalu memperhatikan tingkat kesetabilan tanah tempat bekerjanya crane dan selalu melihat tabel beban yang diizinkan sesuai jarak (radius) beban terhadap sumbu crane.

Pada umumnya Lattice Boom Crawler Crane memiliki kapasitas pengangkatan yang besar dibandingkan jenis crane beroda ban. Namun karena berat mesin dan lambannya pergerakan crawler menjadi satu kekurangan bagi crane jenis ini. Untuk memindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain diperlukan biaya ekstra dan peralatan yang banyak seperti trailer dan crane lain karena crane ini harus dibongkar.

Kelebihannya Lattice Boom Crawler Crane

crane jenis ini terkenal sangat stabil dan lebih tangguh serta sanggup mengangkat beban sambil bergerak (moving) karena tidak memakai outrigger. Biasanya crane crawler menggunakan boom type lattice (kisi). Walaupun boom tipe ini sangat merepotkan saat pembongkaran dan pemasangan, namun crane dengan boom tipe ini sangat cocok digunakan untuk berbagai keperluan kerja berat (heavy duty crane) dan kerja-kerja berat lain termasuk di tempat-tempat yang terlalu ekstrim namun memerlukan kestabilan tinggi seperti di atas barge (ponton) ataupun di lokasi tanah yang mudah amblas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *